Kenali Manfaatnya dan Tertawalah di Hari Tertawa Sedunia

Pemain Wayang Orang Sriwedari bersama warga mengikuti aksi tertawa bersama untuk memperingati Hari Tertawa Sedunia di Jalan Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah, Minggu (5:5:2019)- Dalam aksinya mereka mensosialisasikan kepada masyarakat tentang manfaat tertawa bagi kesehatan. ANTARA FOTO/Maulana Surya/ama.
Waktu Baca : 2 minutes

JAKARTA, TANHANANEWS.COM — Hari Tertawa Sedunia merupakan peringatan tahunan yang dirayakan pada hari Minggu pertama bulan Mei yang jatuh pada, Minggu, 7 Mei 2023.

Hari Tertawa dirayakan di seluruh dunia untuk meningkatkan kesadaran tentang tawa dan banyak manfaat penyembuhannya. Hari Tertawa Sedunia juga tentang ribuan kelompok komunitas di seluruh dunia yang secara teratur mempraktikkan komedi serta mempromosikan kesehatan dan kesejahteraan.

Hari Tertawa Sedunia dirayakan di sebagian besar kota besar di seluruh dunia. Ratusan orang berkumpul di seluruh dunia pada hari itu untuk tertawa bersama.

Hari Tertawa Sedunia telah dirayakan di Los Angeles sejak 2005 dan kemudian menyebar ke seluruh dunia sebagai cara untuk mengekspresikan kecintaan orang pada komedi dan tawa.

Hari Tawa Sedunia dirayakan juga oleh jemaat anggota klub tawa, keluarga dan teman-teman mereka di kota mereka seperti alun-alun besar, taman umum atau auditorium. Klub tawa biasanya memiliki berbagai program hiburan musik, tarian, dan kontes tawa.

Pemenang adalah mereka yang memiliki tawa yang paling menular, alami, dan tanpa usaha. Anggota klub tawa pada hari ini berpartisipasi dalam pawai perdamaian dan membawa spanduk dan plakat seperti “Perdamaian Dunia Melalui Tawa, Seluruh Dunia Adalah Keluarga Besar, Bergabung dengan Klub Tawa Komunitas – gratis!” dll.

Selama pawai semua meneriakkan “Ho Ho, Ha-Ha-Ha” dan “sangat bagus, sangat bagus, yay!” bertepuk tangan dan menari. Ini dikenal sebagai salah satu cara terbaik klub tawa membantu Anda bersenang-senang dan bergabung dengan klub tawa untuk keuntungan khusus.

Manfaat tertawa bagi kesehatan

Ada sejumlah manfaat kesehatan yang terkait dengan tertawa, diantaranya :

  1. Menghasilkan rasa sejahtera secara umum – Salah satu manfaat utama yang terkait dengan tertawa adalah Anda secara umum akan merasa lebih baik! Jika Anda banyak tertawa, Anda akan menjadi orang yang lebih positif, dan ini dapat memengaruhi hidup Anda dengan berbagai cara.
  2. Memicu pelepasan endorfin – Endorfin adalah obat penghilang rasa sakit alami di dalam tubuh Anda. Mereka dilepaskan saat Anda tertawa. Ini dapat membantu Anda merasa nyaman sekaligus meredakan rasa sakit kronis pada saat yang bersamaan.
  3. Tingkatkan sel-T – Tertawa juga dapat meningkatkan sel-T. Ini adalah sel-sel khusus dalam sistem kekebalan Anda, yang menunggu untuk diaktifkan. Saat Anda tertawa, sel-T dihidupkan kembali, dan mereka dapat membantu Anda melawan penyakit. Jadi, lain kali ketika Anda merasa akan masuk angin, mengapa tidak menambahkan cekikikan dan cekikikan ke dalam strategi pencegahan Anda
  4. Meningkatkan kesehatan jantung – Tertawa adalah latihan kardio yang luar biasa, terutama bagi siapa saja yang tidak dapat melakukan jenis aktivitas fisik lainnya karena sakit atau cedera. Ini akan membuat jantung Anda terpompa, memungkinkan Anda membakar jumlah yang sama dengan kalori yang akan Anda bakar saat berjalan dengan kecepatan lambat hingga sedang.
  5. Latih otot perut Anda – Salah satu keuntungan yang terkait dengan tertawa adalah dapat mengencangkan perut Anda. Otot-otot di perut Anda mulai mengembang dan berkontraksi saat Anda tertawa. Ini mirip dengan saat Anda melatih perut dengan sengaja. Pada saat yang sama, otot-otot yang tidak digunakan saat tertawa akan mendapat kesempatan untuk rileks. Apakah ada cara yang lebih baik untuk mendapatkan perut kencang daripada tertawa?
  6. Mengurangi kadar hormon stres – Selain itu, penurunan kadar hormon stres Anda adalah manfaat lain! Ini membantu mengurangi stres dan kecemasan yang memengaruhi tubuh Anda. Selain itu, pengurangan hormon stres dapat menyebabkan kinerja sistem kekebalan tubuh yang lebih tinggi.
  7. Menurunkan tekanan darah – Terakhir, tertawa dapat menurunkan tekanan darah Anda. Ini dapat mengurangi risiko serangan jantung atau stroke.

DAYS OF THE YEAR | EDITOR: EDDY PRASETYO