Cang Toso Minta Presiden Berikan Kesempatan Putra Daerah Betawi Jadi Pj Gubernur DKI Jakarta

Wali Amanah Majelis Kaum Betawi Kepri Muhammad Santoso atau Cang Toso - Foto : Koleksi Pribadi
Waktu Baca : < 1 minute

TANHANANEWS.COM, JAKARTA — Wali Amanah Majelis Kaum Betawi Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mewakili mewakili masyarakat Betawi dan Jakarta di Kepri meminta kepada Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi memberikan kesempatan kepada putra daerah Marulloh Matali jadi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta.

Hal tersebut disampaikan oleh Wali Amanah Majelis Kaum Betawi Kepri Muhammad Santoso atau Cang Toso dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, 11 September 2024, terkait akan berakhirnya masa jabatan Heru Budi Hartono sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta  pada 17 Oktober 2024.

“Kami berharap Bapak Presiden memberikan kesempatan kepada Bapak Marulloh Matali sebagai PJ Gubernur DKI Jakarta. Langkah ini bisa menjadi bentuk apresiasi kepada kaum Betawi,” ujar Cang Toso.

“Kaum Betawi dan Jakarta di Kepri akan sangat berterima kasih apabila Presiden Republik Indonesia dapat mengakomodirnya,” tambahnya.

Sebelumnya, DPRD DKI Jakarta akan menggelar rapat pimpinan gabungan (Rapimgab) untuk menetapkan nama Pj Gubernur DKI Jakarta.

Tiga nama yang diusulkan yakni Heru Budi, Sekda Joko Agus Setyono, dan Deputi Gubernur DKI Bidang Budaya dan Pariwisata Marullah Matali.

Nantinya, nama yang diusulkan DPRD DKI Jakarta akan diajukan kepada Presiden melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Diketahui, jabatan Heru Budi Hartono telah dua kali diperpanjang sejak mendapat amanah sebagai Pj Gubernur pada 17 Oktober 2022 lalu. Sebagaimana Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 4 Tahun 2023, masa jabatan Pj Gubernur hanya setahun.

REDAKSI | EDITOR: EDDY PRASETYO