Peringati HUT Ke-65 LVRI, Saiful Sulun: Perkuat Soliditas Sesama Anggota dan Berbuat Yang Terbaik Agar Veteran Selalu Dihati Masyarakat

219
Ketua Umum DPP LVRI, Mayjen TNI (Purn) Saiful Sulun - Foto : Humas DPP LVRI
Waktu Baca : 4 minutes

TANHANANEWS.COM, Jakarta — Memperingati Hari Ulang Tahun Ke-65 Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) yang jatuh pada 2 Januari 2022, Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LVRI Mayjen TNI (Purn) Saiful Sulun mengajak seluruh pengurus dan anggota LVRI untuk memperkuat soliditas sesama anggota dan berbuat yang terbaik agar Veteran selalu dihati masyarakat dan menjadi ksatria dalam bersikap.

Hal tersebut disampaikan Ketum LVRI dalam sambutan tertulis HUT Ke-65 LVRI 2022 yang diterima Tanhananews.Com, pada Sabtu (1/1/2022).

“Peringatan Hari Ulang Tahun ini harus kita jadikan interospeksi dan evaluasi diri. Perjalanan selama 65 tahun harus lebih memberikan penguatan kita dalam mengelola organisasi untuk menghadapi berbagai tantangan zaman yang semakin kompleks,” tulis Saiful Sulun

Peringatan yang mengambil tema “Legiun Veteran RI Bersama kekuatan Nasional Lainnya Siap Mendukung dan Mengamankan Pembangunan Nasional Terutama Dalam Menanggulangi Pandemi COVID-19” menurut Ketum LVRI menjadikan pedoman bagi arah dan kelanjutan perjuangan seluruh anggota LVRI melalui dukungan kepada pemerintah dalam membasmi COVID-19 hingga tuntas.

Diakhir sambutannya, Ketum LVRI Mayjen TNI (Purn) Saiful Sulun berharap kepada seluruh tingkatan organisasi LVRI, baik DPP, DPD, DPC hingga DPR agar menyatu dengan masyarakat dan menjalin hubungan dengan jajaran pemerintah dan institusi TNI-POLRI.

Sambutan selengkapnya Ketum LVRI Mayjen TNI (Purn) Saiful Sulun dalam HUT Ke-65 LVRI :

ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAH WABARAKATUH

SALAM SEJAHTERA BAGI KITA SEMUA,

SELURUH ANGGOTA LEGIUN VETERAN REPUBLIK INDONESIA DIMANAPUN BERADA.

MERDEKA !

PERTAMA-TAMA PERKENANKAN SAYA MENYAMPAIKAN PUJI SYUKUR KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA ATAS RAHMAT DAN KARIJNIANYA, KITA DAPAT MEMPERINGATI HARI ULANG TAHUN KE-65 LEGIUN VETERAN REPUBLIK INDONESIA (LVRI) DALAM KEADAAN SEHAT WALAFIAT DAN TETAP SEMANGAT.

DALAM KESEMPATAN BAIK INI, SAYA MENGAJAK SEMUA ANGGOTA LVRI UNTUK MENGENANG DAN MENDOAKAN YANG TERBAIK BAG! PARA PEJUANG YANG TELAH GUGUR DI MEDAN PERTEMPURAN. PERISTIWA HEROIK ITU TERJADI PADA MASA PERANG KEMERDEKAAN (1945-1949) DAN BERBAGAI OPERASI ANTARA LAIN TRIKORA, DWIKORA, SEROJA DAN PENUGASAN PASUKAN INDONESIA DAI-AM MISI PERDAMAIAN PBB DI WII-AYAH KONFLIK DI DUMA.

LVRI IKUT PRIHATIN ATAS MUSIBAH ITU DAN MENGAJAK SELURUH RAKYAT INDONESIA MEMBERI DUKUNGAN DAN BANTUAN MORIL MAUPUN MATERIIL UNTUK KORBAN SELAMAT YANG KINI MASIH HIDUP DALAM PENGUNGSIAN.

SELURUH ANGGOTA VETERAN YANG SAYA HORMATI

ORGANISASI LVRI DITETAPKAN PADA KONGRES NASIONAL PERTAMA Dl HOTEL DECA PARK 2 JANUARI 1957 Dl JAKARTA YANG DllKUTl 2.500 BEKAS PEJUANG PERANG KEMERDEKAAN DARI SELURUH TANAH AIR.

BERTEMUNYA PARA PEJUANG ITU, TIDAK HANYA MEMBAHAS SOAL MASA DEPAN TETAPI JUGA PENYATUAN DIANTARA MEREKA. KONGRES BERAKHIR DENGAN KESEPAKATAN MEMBENTUK BADAN YANG MENYATUKAN SEMUA FAKSI DALAM WADAH LEGIUN VETERAN REPUBLIK INDONESIA (LVRI).

PADA TANGGAL YANG SAMA JUGA DITERBITKAN KEPUTUSAN PRESIDEN SOEKARNO, NOMOR 103 TAHUN 1957 TENTANG BERDIRINYA LVRI.

PRESIDEN JUGA MENGANUGERAHKAN PANJI KEHORMATAN VETERAN RI ”KARYA DHARMA” DAN PENETAPAN KODE KEHORMATAN VETERAN RI ”PANCA MARGA”.

Dl ERA REFORMASI, PEMERINTAH JUGA MENERBITKAN UNDANGUNDANG NOMOR 15 TAHUN 2012 TENTANG VETERAN. UNDANG-UNDANG ITU MENJADI ASET BERHARGA YANG DIMILIKI VETERAN HINGGA SAAT INI.

UNTUK ITU, KITA HARUS BERSYUKUR DAN BANGGA BAHWA NEGARA TELAH MEMBERIKAN PENGAKUAN ATAS PENGABDIAN DAN PENGORBANAN PARA PEJUANG TERHADAP NEGERI TERCINTA INI.

SELURUH ANGGOTA LVRI YANG BERBAHAGIA

Lihat Juga  Veteran Peduli Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19

PERINGATAN HARI ULANG TAHUN INI HARUS KITA JADIKAN INTROSPEKSI DAN EVALUASI DIRI. PERJALANAN SELAMA 65 TAHUN HARIJS LEBIH MEMBERIKAN PENGUATAN KITA DALAM MENGELOLA ORGANISASI UNTUK MENGHADAPI BERBAGAI TANTANGAN ZAMAN YANG SEMAKIN KOMLEKS.

KITA PERINGATI ULANG TAHUN INI SECARA SEDERHANA MESKI DALAM SITUASI PANDEMI COVlD-19. ACARA POKOK ADALAH ZIARAH KE MAKAM PAHLAWAN DAN ACARA TAMBAHAN SYUKURAN DISESUAIKAN KEMAMPUAN DAN KONDISI MASING-MASING. SEMIJA ACARA TETAP MEMPERHATIKAN PROTOKOL KESEHATAN.

UNTUK MENYEMANGATI PERINGATAN TAHUN INI, DIPILIH TEMA : “LEGIUN VETERAN RI BERSAMA KEKUATAN NASIONAL LAINNYA SIAP MENDUKUNG DAN MENGAMANKAN PEMBANGUNAN NASIONAL TERUTAMA DALAM MENANGGULANGI PANDEMI COVID-19”.

TEMA INI AKAN MENJADI PEDOMAN BAGI ARAH DAN KELANJUTAN PERJUANGAN SELURUH ANGGOTA LVRI. MENGINGAT PANDEMI COVID-19 HINGGA SAAT INI BELUM JUGA BERAKHIR. KITA HARIJS TETAP MENDUKUNG UPAYA PEMERINTAH DALAM MEMBASMI COVID-19 HINGGA TUNTAS. PERJUANGAN MELAWAN COVID-19 BELUM BERAKHIR.

KITA HARUS TETAP WASPADA DAN TIDAK BOLEH LENGAH. DISIPLIN MEMATUHI PROTOKOL KESEHATAN HARIJS MELEKAT PADA DIRI SETIAP ANGGOTA VETERAN MAUPUN TELADAN BAGI ORANG LAIN. UPAYA INI, MERUPAKAN DUKUNGAN KITA SEBAGAI WARGA NEGARA DENGAN HARAPAN KITA BISA SECEPATNYA MEMUTUS MATA RANTAI PANDEMI AGAR BANGSA INI TETAP KUAT DAN KEMBALI MELANJUTKAN PEMBANGUNAN BAGI NEGERI INI.

SELURUH ANGGOTA LVRI YANG BERBAHAGIA

APA YANG DILAKUKAN BANGSA SAAT INI SAMA DENGAN PERJUANGAN SAAT PENDAHULU KITA MEREBUT KEMERDEKAAN. SEMANGAT DAN NILAI-NILAI KEJUANGAN’45 (JSN’45) ADALAH RIJH DAN NAFAS PARA PEJUANG, SEMANGAT CINTA TANAH AIR, RELA BERKORBAN, PERCAYA KEMAMPUAN DIRI DAN PANTANG MENYERAH.

KITA MENGAGUMI NILAI-NILAI ITU KARENA TERBUKTI TELAH BERHASIL MENJADIKAN BANGSA INI MERDEKA SEPERTI YANG KITA NIKMATI SAAT INI. UNTUK ITU LVRI BERTEKAD MENJADIKAN JSN’45 MENJADI SUMBER INSPIRASI BAGI PERJUANGAN BANGSA.

PROGRAM SOSIALISASI JSN’45 ADALAH KOMITMEN YANG SUDAH DIRINTIS LVRI SEJAK TAHUN 2012 DAN HINGGA KINI MASIH KONSISTEN Dl SOSIALISASIKAN KE SELURUH ELEMEN BANGSA KHUSUSNYA KALANGAN PENDIDIKAN.

Lihat Juga  LVRI Bengkulu Peringati HUT Ke-65 Secara Sederhana

TARGET SOSIALISASI INI ADALAH INGIN MENJADIKAN GENARASI YANG MEMILIKI KARAKTER KEBANGSAAN YANG KUAT. TIDAK MUDAH TEROMBANG-AMBING OLEH DERASNYA ARUS INFORMASI YANG BERMACAMMACAM PAHAM.

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI YANG MENGALIR TANPA BATAS RUANG DAN WAKTU TELAH MEMBAWA BERBAGAI MIJATAN BAIK POSITIF MAUPUN NEGATIF. KEWAJIBAN KITA ADALAH MENGALIRKAN ENERGI POSITIF AGAR MEREKA TERBEBAS DARI PENGARUH YANG BISA MEMBAHAYAKAN PERSATUAN DAN KESATUAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA.

SELURUH ANGGOTA LVRI YANG BERBAHAGIA

MENGAKHIRI SAMBUTAN INI, SAYA BERHARAP SELURUH TINGKATAN ORGANISASI BAIK DPP, DPD, DPC SAMPAI DPR AGAR TETAP MENYATU DENGAN MASYARAKAT DAN MENJALIN HUBUNGAN DENGAN JAJARAN PEMERINTAH DAN INSTITUSI TNI/POLRI. PERKUAT SOLIDITAS SESAMA ANGGOTA DAN BERBUAT YANG TERBAIK AGAR VETERAN SELALU DI HATI MASYARAKAT DAN MENJADI KSATRIA DALAM BERSIKAP.

DIRGAHAYU LEGIUN VETERAN REPUBLIK INDONESIA. VETERAN ADALAH SUMBER INSPIRASI PERJUANGAN BANGSA. SELAMAT TAHUN BARU 2022.

WASSAUMUAUIKUM WARAHMATULLAH WABARAKATUH.

MERDEKA !

JAKARTA, 2 JANUARI 2022

DEWAN PIMPINAN PUSAT LEGIUN VETERAN REPUBLIK INDONESIA

KETUA UMUM

MAYJEN TNI (PURN) SAIFUL SULUN – NPV. 21.182.005

HUMAS LVRI | EDITOR : EDDY PRASETYO