Denwalsus Bentukan Prabowo Bertugas Kawal Menhan dan Tamu Penting Kemenhan

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (AP Photo/Vincent Thian/CNNIndonesia)
Waktu Baca : 2 minutes

TANHANANEWS.COM, Jakarta — Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto telah resmi membentuk satuan khusus yang bertugas mengawal Menhan sekaligus mengawal dan menyambut tamu-tamu penting Kemenhan. Satuan khusus tersebut diberi nama Detasemen Pengawal Khusus (Denwalsus).

Juru Bicara Menteri Pertahanan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, Denwalsus sebetulnya bukan hal yang baru, sebagaimana dilansir CNNIndonesia.com, Senin (12/4/2021).

Pasukan ini, kata dia, sama dengan pasukan jajar kehormatan yang biasa digunakan untuk menyambut para tamu militer dari negara-negara lain.

“Sejak lama sudah ada di bawah kendali Mabes TNI yang ditugaskan di Kemhan RI,” kata Dahnil, Sabtu (10/4/2021)

Hanya kata Dahnil, Prabowo memang melakukan penyegaran terhadap personel Denwalsus ini. Secara khusus Prabowo meminta kepada Panglima TNI atau Mabes TNI agar menyediakan personel yang secara fisik sempurna.

Hal ini kata dia, bukan tanpa alasan lantaran mereka akan menjadi ‘tampilan depan’ dalam upacara penyambutan yang dilakukan Kemhan. Oleh karena itu, penting jika secara fisik para personel ini mendekati sempurna.

“Makanya Pak Menhan memberikan perhatian khusus terkait hal ini, karena menjadi salah satu simbol wibawa kita sebagai bangsa dan negara,” kata Dahnil.

Meski begitu, Dahnil tak merinci berapa tentara berfisik sempurna yang direkrut Prabowo dalam satuan khusus itu. Pun begitu, Dahnil tak menyebut kapan Denwalsus ini sudah mulai dibentuk dan bertugas.

Pembentukan Denwalsus sendiri pertama kali diketahui publik berkat unggahan video di Instagram resmi ajudan Prabowo, Rizky Irmansyah. Dalam rekaman video yang diunggah ke media sosial pada Kamis (8/4/2021) itu memperlihatkan puluhan orang yang sedang berbaris di suatu tempat. Pasukan itu terlihat mengenakan pakaian dinas lapangan loreng hijau hitam dilengkapi baret.

Rizky dalam keterangan videonya menyebut Denwalsus memiliki tugas di bidang pengawalan dan pengamanan. Di antaranya menjaga keamanan markas Kementerian Pertahanan (Kemhan), Prabowo, tamu-tamu khusus Kementerian Pertahanan dan tugas penting lainnya.

“Denwalsus ini bertugas untuk mengawal serta menjaga keamanan Kementerian Pertahanan, Menteri Pertahanan, tamu-tamu khusus Kementerian Pertahanan dan juga upacara penyambutan jajar kehormatan tamu-tamu negara,” kata Rizky dalam akun Instagram resminya @Rizky_Irmansyah yang dikutip Jumat (9/4/2021).

Rizky menjelaskan anggota yang tergabung dalam Denwalsus dipilih langsung oleh Prabowo. Pasukan ini menjalani pemusatan latihan di Markas Pusdiklat Kopassus, Batu Jajar, Jawa Barat.

Dalam unggahannya, Rizki menjelaskan seluruh personel turut dibekali kemampuan penjagaan serta pengawalan VVIP hingga pola penyambutan tamu di dalam serta luar negeri.

“Dan tentunya kemampuan lain yang tak bisa saya jabarkan,” tambahnya.

(Redaksi)