Menpora Pastikan PON XX Berjalan Sesuai Jadwal

Menpora RI Zainudin Amali menerima kunjungan Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal (Foto Humas Kemenpora RI)
Waktu Baca : 2 minutes

TANHANANEWS.COM, Jakarta — Usai menerima kunjungan Wakil Gubernur (Wagub) Papua, Klemen Tinal di Jakarta, Selasa (11/5/2021), Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menegaskan bahwa PON XX 2021 akan dilaksanakan sesuai jadwal.

Amali mengatakan, berdasarkan laporan dari Wagub Papua, persiapan penyelenggaraan PON tidak ada masalah dan akan diselenggarakan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. 

“Siang ini bapak Wakil Gubernur Papua Bapak Klemen Tinal berkesempatan bertemu dengan kami. Ada beberapa hal yang dibicarakan karena beliau ini selain wakil gubernur, juga ketua umum Perserosi. Agendanya menyampaikan bahwa sekarang ada tim Skateboard sekarang berada di Amerika persiapan untuk Olimpiade dan tentang kesiapan PON,” kata Menpora

Terkait program vaksinasi untuk masyarakat sekitar lokasi kluster PON, Menpora menegaskan bahwa Kementerian Kesehatan sudah berkomitmen untuk membantu proses vaksinasi tersebut.

“Bahkan upaya dari pemerintah provinsi untuk membuat masyarakat sekitar juga terlindungi dari Pandemi. Itu ada kebijakan untuk vaksin. Nanti beliau sampaikan bahwa Papua siap untuk pelaksanaan PON dan mempersilahkan datang ke Papua,” kata Menpora.

“Yang pasti komitmen dari Menteri Kesehatan, semua (masyarakat sekitar venue PON) akan divaksin sesuai dengan target,” jelas Amali

Sementara itu, Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal memamaparkan persiapan penyelenggaraan PON di 4 lokasi di Papua yakni Jayapura, Merauke Timika, dan kabupaten Jayapura sudah dipastikan hampir 100 persen. Terutama venue dan penginapan. 

“Semua berjalan sesuai dengan schedule. Jadi ada yang sudah mencapai 100 persen, ada yang 50 persen. Tapi kita harap tiga bulan sebelum PON terjadi sudah sampai ke 100 persen dari venue yang ada sudah 90 persen selesai. Tinggal 10 persen saja,” jelasnya. 

Klemen juga mengatakan bahwa situasi di tempat-tempat penyelenggaraan PON aman dan kondusif. Dia berharap para peserta dari berbagai daerah tidak terpengaruh pemberitaan bahwa Papua tidak aman. 

“Tempat-tempat yang akan berlangsung PON sampai saat ini sangat aman dan bisa dikunjungi. Baik oleh atlet maupun siapa yang mau datang mendukung silakan. Papua itu Indonesia, welcome kami sambut dengan baik silakan datang kita memeriahkan sukseskan PON di Papua,” ajak Wagub Papua.

Sumber : Humas Kemenpora RI