Kanjeng Raden Ayu Retnodiningrum Istri Raja Solo Paku Buwono XII Tutup Usia

336
Kanjeng Raden Ayu Retnodiningrum ketika bersama cucunya B.R.A. Putri Woelan Sari Dewi. (Istimewa/SOLOPOS)
Waktu Baca : < 1 minute

TANHANANEWS.COM, Jakarta — Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat berduka, Ampil Dalem Swargi S.I.S.K.S. Paku Buwono XII, Kanjeng Raden Ayu Retnodiningrum, meninggal dunia di usianya yang ke-93 tahun, Kamis (13/5/2021).

Informasi meninggalnya Kanjeng Raden Ayu Retnodiningrum diperoleh dari kabar duka yang menyebar di kalangan wartawan. Kabar itu dikonfirmasi salah seorang cucu almarhumah, yaitu B.R.A. Putri Woelan Sari Dewi.

Lihat Juga  13 Daerah di Jateng Ditetapkan Zona Merah, Ganjar Serukan Lockdown Mikro

Almarhumah lahir pada 27 Juni 1927. Jenazah akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Imogiri, Bantul, Jogja, pada Jumat (14/5/2021). Pemberangkatan jenazah akan dilakukan pukul 09.00 WIB dari Kagungan Dalem Sasono Mulyo, Baluwarti, Pasar Kliwon

Kanjeng Raden Ayu Retnodiningrum meninggalkan enam anak, 13 cucu, dan empat cicit. Sejumlah anak-anak almarhumah yakni, G.R.Ay. Koes Raspiyah Suryohadipranoto, K.G.P.H. Panembahan Agung Tedjawulan dan K.G.P.H.Adpt. Dipokusumo.

Lihat Juga  Presiden Tinjau Vaksinasi Massal di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Ada juga G.R.Ay. Koes Niyah Suryo Candrakusumo, G.P.H. Wijoyo Sudarsana, serta G.R.Ay. Koes Sabandiyah. Nama yang disebutkan terakhir merupakan istri dari K.P. Wahyu Adikusumo. “Beliau adalah sosok yang luar biasa sebagai seorang istri, ibu dan eyang,” ujar Putri. Anak dari K.G.P.H.P.A. Tedjowulan itu mengaku belajar banyak dari sosok sang eyang.

Sumber : SOLOPOS