Menparekraf: Susi Air Jambore Aviation Hadirkan Atraksi Dirgantara Menarik Bagi Wisatawan

145
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabarekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat hadir di event Susi Air Jambore Aviation (SAJA), Sabtu (18/6/2022),- Foto : Kemenparekraf
Waktu Baca : 2 minutes

TANHANANEWS.COM, Jakarta — Menparekraf Sandiaga Uno mengapresiasi penyelenggaraan acara “Susi Air Jambore Aviation (SAJA)” yang berlangsung pada 18-19 Juni 2022 di Taman Dirgantara Susi’s International Beach Strip Pantai Barat Pangandaran, Jawa Barat. 

“Saya mengucapkan apresiasi yang luar bisa bahwa SAJA ini merupakan suatu event yang luar biasa, ya mungkin bisa dibilang kelas internasional. Tadi kita menyaksikan atraksi yang tidak hanya menghibur masyarakat tapi juga meningkatkan kecintaan terhadap dunia dirgantara kita,” kata Menparekraf saat hadir di event SAJA, Sabtu (18/6/2022).

Acara yang diinisiasi Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019, Susi Pudjiastuti ini sebagai wadah bagi para pecinta penerbangan Indonesia untuk berkumpul dan merayakan kemajuan penerbangan sejak pandemi COVID-19 menyuguhkan atraksi dirgantara menarik bagi wisatawan khususnya para pecinta dunia aviasi (penerbangan) tanah air.

Deretan komunitas penerbangan seperti Indonesia Flying Club, Bandung Flying Club, Jogja Flying Club, tak ketinggalan Jakarta Flying Club turut hadir meriahkan acara tersebut.

Lihat Juga  Lewat "KaTa Kreatif", Menparekraf Dorong Pengembangan Potensi Ekraf Lebak Banten

Menparekraf berharap acara yang memiliki daya tarik tinggi ini dapat terus ditingkatkan dan berlangsung setiap tahunnya. Salah satunya Menparekraf mendorong event SAJA dapat didaftarkan pada kalender event Kemenparekraf, Kharisma Event Nusantara (KEN). 

Kharisma Event Nusantara sendiri merupakan kumpulan event-event berkualitas dari 34 provinsi di Indonesia yang akan menjadi strategi kolaborasi antara Kemenparekraf dengan pemerintah daerah melalui penyelenggaraan kegiatan yang berkualitas.

Kharisma Event Nusantara merupakan upaya Kemenparekraf dalam membangkitkan geliat event daerah dengan mempromosikan destinasi wisata, meningkatkan kunjungan wisata, dan memberdayakan potensi lokal. 

“Mohon pak bupati ini ajukan ke KEN. Karena mekanismenya harus diajukan melalui bupati. Mudah-mudahan insyaallah dengan kolaborasi semua acara ini bisa menjadi acara tahunan yang membanggakan dan menggeliatkan kembali ekonomi daerah,” lanjut Menparekraf Sandiaga.  

Lihat Juga  Promosikan Desa Wisata Cibuntu, Sandiaga Uno Gandeng Cinta Laura

Menparekraf berharap gelaran Susi Air Jambore Aviation ini bisa terus ditingkatkan kualitasnya, sehingga dapat meningkatkan kunjungan baik wisatawan nasional hingga internasional. 

“Ini ke depannya bisa kita buatkan tribune untuk masyarakat bisa lebih melihat bagaimana manuver yang luar biasa. Kita harapkan akan meningkatkan kualitas,” ujar Sandiaga. 

Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019 sekaligus inisiator gelaran SAJA 2022, Susi Pudjiastuti, menjelaskan bahwa acara yang diikuti oleh para pemilik pesawat di seluruh Indonesia ini bertujuan untuk memperkenalkan kedirgantaraan ke masyarakat Indonesia. 

Susi berharap Kemenparekraf bisa terus mendukung adanya event SAJA 2022 agar bisa digelar secara rutin setiap tahunnya. 

“Saya ingin mendekatkan dirgantara ke masyarakat, jika event dilakukan di airport resmi, masyarakat tidak bisa ikut serta. Mudah-mudahan inisiatif kami mendapatkan apresiasi dari masyarakat dan tentunya dari pemerintah. Apresiasi dari pemerintah saya harapkan otoritas memberikan dukungan kemudahan,” kata Susi. 

Lihat Juga  Sandiaga Uno Pastikan Pengembangan DSP Labuhan Bajo Kedepankan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, menyampaikan bahwa SAJA 2022 merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan kelas pariwisata di Pangandaran. 

“Event SAJA 2022 ini adalah upaya kita dalam menaikkan kelas pariwisata Pangandaran, saya kira tahun depan akan lebih luar biasa. Ibu Susi punya banyak waktu di Pangandaran, sekarang bikin Pangandaran menjadi luar biasa, dan telah membantu kami menaikkan dan mempromosikan wisata di Kabupaten Pangandaran,” kata Jeje.

KEMENPAREKRAF | EDITOR : EDDY PRASETYO