Hari Jadi ke 40 PPM Tabur Bunga di TMP Kalibata

694
Foto Istimewa
Waktu Baca : 2 minutes

TANHANANEWS.COM, Jakarta – Mengisi hari jadinya yang ke 40 tahun, Pemuda Panca Marga (PPM) melaksanakan upacara dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Kalibata Jakarta Selatan, Jumat pagi (22/01/2021).

Kegiatan upacara dan tabur bunga yang berlangsung di monumen pahlawan dipimpin langsung oleh Pimpinan Pusat PPM Berto Izaak Doko dan diikuti pengurus inti PPM pusat dan PPM DKI Jakarta. Berto juga memimpin sesi mengheningkan cipta untuk menghormati arwah pahlawan dan meletakan karangan bunga di monumen yang berada di tengah Makam Pahlawan Nasional Kalibata.

Usai upacara Berto melanjutkan tabur bunga bersama jajarannya di beberapa makam seperti,  pahlawan revolusi Jenderal Ahmad Yani, MT Haryono dan S Parman. Berto juga melaksanakan tabur bunga di makam pahlawan Jenderal TNI Ahmad Tahir, Letjen Saidiman Suryo Hadi Projo, Presiden RI ke 3 Habibi, Ir Roespinoeji Soedomo, H. HN. Arifin Marpaung.

Usai mengikuti proses menabur bunga dengan khidmat di makam pahlawan, Berto Izaak Doko mengisi daftar tamu di ruang khusus TMP Nasional Kalibata.

Pada kesempatan tersebut, Berto mengatakan, kegiatan tabur bunga sebagai bentuk penghormatan dalam mengenang jasa-jasa pahlawan yang gugur dalam perjuangannya mempertahankan kedaulatan NKRI. 

Selain itu, Berto juga ingin mengajak dan menumbuhkan nilai-nilai kepahlawanan sebagai bekal dalam bersosial dan mengimplementasikan 

semangat kepahlawanan seperti cintai tanah air, rela berkorban, pantang menyerah dan saling tolong menolong.

‘’Tabur bunga yang kita laksanakan, sebagai salah satu bentuk menghormati dan mengenang jasa-jasa pejuang yang telah gugur, ini wujud syukur dan terimakasih kita kepada pahlawan,’’ ujar Berto.

‘’Sebagaimana yang di sampaikan Presiden Soekarno, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati pahlawannya. Untuk itu, kita sebagai generasi penerus bisa mengisinya dengal hal-hal positif dan bermanfaat,’’ pungkas Berto.

Editor : Eddy Prasetyo