Wakil Bupati Bima Lepas Pengiriman Perdana Ratusan Ekor Sapi Potong ke DKI Dan Banten

Wakil Bupati Bima Lepas Pengiriman Perdana Ratusan Ekor Sapi Potong ke DKI Dan Banten (Istimewa)
Waktu Baca : 2 minutes

TANHANANEWS.COM, Jakarta — Pengiriman perdana Sapi Potong ke Wilayah Jabotabek yang di lakukan oleh Wakil Bupati Bima,  Drs.H.Dahlan M. Nor, M.Pd. Pengangkutan Ratusan Ekor Sapi Potong hasil Budidaya Kelompok Tani Peternakan Kabupaten Bima tersebut menggunakan mobil tronton yang diangkut di halaman Koperasi Unit Desa (KUD) depan Gudang Bulog, Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima, pada Senin, (24/5/2021) siang. 

Dilansir dari Berita Bimantika NTB, bahwa sebanyak 120 ekor Sapi dikirim pada tahap pertama ini berasal dari Kecamatan Bolo dan Madapangga, dilakukan oleh CV. Mitra Setia untuk dipasarkan ke DKI Jakarta, juga dikirim ke Provinsi Banten  Jawa Barat melalui Jalur Darat. 

Wakil Bupati Bima Drs. H. Dahlan M. Nor, M. Pd yang akrab disapa Babe itu mengatakan, bahwa perkembangan populasi ternak sapi di Kabupaten Bima per Desember 2020 sebanyak 213.873 ekor. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan sapi potong secara nasional sekitar 10 persen. Sementara quata Kabupaten Bima sebanyak 12.000 ekor per tahun dan sisanya sebagai kebutuhan cadangan Lokal dalam daerah. Ujarnya. 

Meningkatnya permintaan sapi potong dari Kabupaten Bima, kata Babe, karena sapi Bima memiliki kelebihan Yakni kualitas daging yang sangat disukai konsumen karena padat dan memiliki kadar lemak rendah. Selian itu sapi Bima mengkonsumsi rumput alam dan tidak diberikan pakan dari pabrik.

‘’Di Provinsi NTB, Kabupaten Bima yang pertama kalinya mengirim lewat Darat. Sebelumnya dikirim melalui Tol laut. Karena kendala cuaca yang tidak bersahabat, Pemerintah Daerah Kabupaten Bima mengalihkan pengiriman ratusan Ekor Sapi Potong itu melalui jalur darat,” jelas Babe. 

Babe berharap semoga pengiriman perdana ini lancar dan tidak menemui kendala baik dalam perjalanan maupun sampai ke Daerah Tujuan. Harapnya. 

Pemerintah Kabupaten Bima akan terus memberikan Dukungan Kepada Para Petani Ternak agar dapat meningkatkan Produktifitas kedepannya dalam mengembangbiakan  Peternakan di Kabupaten Bima, karena Sapi adalah salah satu Komoditi Unggulan Bima yang memiliki Nilai jual Tinggi di Pasar Nasional. Tutup Babe. 

Sumber : Media Bimantika NTB.

Editor    : Obama Bima