Sah! Berto Lantik Gerry sebagai Ketua PPM Sumsel

Pelantikan PD PPM Sumsel, Senin (26/4/2021) - Foto EP
Waktu Baca : 4 minutes

TANHANANEWS.COM, Palembang — Berto Izaak Doko, Ketua Umum (Ketum) Pimpinan Pusat Pemuda Panca Marga (PP PPM) melantik pengurus Pimpinan Daerah (PD) PPM Sumatera Selatan (Sumsel) periode 2020 – 2025 yang diketuai Gregory Isaac Iskandar biasa disapa Gerry di aula utama Gedung LVRI Sumsel, Jl. Rajawali No.22 kel, 9 Ilir, Ilir Timur II, Palembang, Senin (26/4/2021).

Acara yang dimulai pukul 16.00 WIB dibuka dengan tari persembahan, menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Hymne PPM, mengheningkan cipta yang dimpimpin oleh Ketua LVRI Sumsel, Ayahanda Ramses dan dilanjutkan pembacaan doa.

Pembacaan Surat Keputusan (SK) Oleh Marwah Fauziah Amri (PP PPM) – Foto EP

Sedangkan prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan surat keputusan oleh Marwah Fauziah Amri dari PP PPM dan tepat pada pukul 16.40 WIB, Ketum PPM membacakan naskah pelantikan.

“Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, pada hari ini Senin 26 April 2021, jam 16.40, saya lantik suadara-sadara sebagai pengurus daerah pemuda panca marga provinsi sumatera selatan masa bakti 2020-2025, semoga kepengurusan ini dapat mengemban amanah organisasi dengan baik serta bermanfaat bagi bangsa dan negara,” ucap Berto

Sambutan Ketua DPD LVRI Sumsel Ayahanda Ramses – Foto EP

Usai pembacaan naskah pelantikan, Ketum PPM menyerahkan bendera pataka PPM kepada ketua PD PPM Sumsel serta penyematan tanda jabatan dan penyerahan tongkat komando.

Sebelum memasuki sesi sambutan, Ketua Koperasi Tanhana Dharma Mangrwa (KTDM) PP PPM, Rusito Edy Prasetyo, menyerahkan surat keputusan kepengurusan kepada ketua KTDM perwakilan PD PPM Sumsel, Hj Koirunisyah sekaligus membuka tirai tanda diresmikannya KTDM PD PPM Sumsel.

Sambutan Ketum PP PPM Berto Izaak Doko – Foto EP

Dalam sambutannya, Ketua PPM Sumsel menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketum beserta rombongan PP PPM yang telah hadir di Palembang, serta semua pihak yang telah membantu bagi kelancaran acara pelantikan.

“Saya mengucapkan terima kasih serta pemohonan maaf, karena pelantikan telah mengalamai beberapa kali penundaan, semua dikarenakan pandemi Covid-19 yang masih mewabah khususnya di Sumsel,” ujar Gerry

“Saya juga ingin menegaskan kembali, bahwa di Sumsel PPM hanya satu, yaitu dibawah naungan LVRI, sebagai bukti bahwa kita saat ini dan sampai kapanpun berada di Markas Daerah LVRI, kedepan kami ingin terus menjalin sinergi kepada semua pihak, khususnya pembina kami LVRI, TNI dan Polri serta Pemerintah Daerah dalam mengawal pembangunan di Provinsi Sumsel,” tegas Ketua PPM Sumsel

Sambutan Ketua PD PPM Sumsel Gerry Iskandar – Foto EP

Lebih lanjut Gerry juga menyampaikan bahwa kepengurusannya terbentuk sudah sesuai dengan mekanisme organisasi PPM

“Kepengurusan kami melalui proses yang sesuai dengan mekanisme organisasi, setelah menerima surat keputusan Caretaker, kami melaksankan musyawarah daerah, juga dalam menentukan personil pengurus sudah melewati validasi dan verifikasi anak, cucu, penerus pejuang veteran,” pungkasnya.

Senada dengan Gerry, Ketua DPD LVRI Ayahanda Ramses dalam sambutannya menekankan kembali bahwa PPM di Sumsel hanya satu dan yang diakui adalah dibawah kepemimpinan Ananda Gerry yang baru saja dilantik oleh Ketum Ananda Berto Izaak Doko.

“Kami LVRI Sumsel kembali menyampaikan bahwa PPM hanya satu, yaitu dibawah kepemimpinan ananda Gerry yang baru saja dilantik Ketum Ananda Berto Izaak Doko,” ujar Ayahanda Ramses

Peresmian Koperasi Tanhana Dharma Mangrwa PPM Sumsel – Foto EP

“Bahwa PPM dilahirkan oleh LVRI dengan tujuan agar dapat mewarisi Jiwa Semangat dan Nilai-nilai Juang 1945, semua diatur dalam Undang-undang dan melalui Keputusan Presiden, sehingga saya pesankan kepada kepengurusan yang baru dilantik, lanjutkan dengan terus mensosialisasikan JSN45 kepada pengurus dan anggota serta memfilter pengurus dan anggotanya melalui proses validasi dan verifikasi benar-benar anak, cucu, penerus pejuang veteran yang bukan asal-asalan,” pungkas Ketua DPD LVRI Sumsel.

Sementara Ketum PPM, Berto Izaak Doko dalam sambutannya lebih kepada memaparkan eksistensi PPM melalui bagan Keluarga Besar TNI (KBT) bersama Himpunan Putera-Puteri Keluarga Angkatan Darat (HIPAKAD), Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI)

“Secara bagan dapat saya sampaikan bahwa sebagaimana HIPAKAD, FKPPI, sebagai bagian dari Keluarga Besar TNI, yang membedakan bahwa PPM tegak lurus dengan LVRI, mengingat secara kesejarahan PPM dilahirkan oleh LVRI, jadi sekiranya ada yang mengaku PPM tetapi tidak diakui oleh LVRI, ini sangat mengganggu akal sehat saya,” kata Berto

“Bahwa terpilihnya Gerry sebagai ketua PPM Sumsel sudah merupakan kehendak dan jalan Tuhan, penundaan pelantikan yang berulang dengan perubahan tempat pelantikan, pada akhirnya mengharuskan kembali mempergunakaan Gedung LVRI, ini membuktikan bahwa era kepemimpinan Gerry merupakan era kebangkitan PPM Sumsel,” ujarnya

Lebih lanjut, menurut Berto, pelantikan di Gedung LVRI merupakan pengulangan sejarah mengingat dimasa lalu Gerry sudah akrab dengan LVRI.

“Ketika ada kakeknya, Gerry sering mengantar dan menjemput kakek di gedung ini, dimasa almarhum ayahnya, Gerry juga selalu menemui ayahndanya di sini, hari ini menjadi saat bersejarah, 26 April 2021, selain Gerry dilantik di LVRI juga bersamaan dengan tanggal kelahirannya,” papar Ketum PPM

Berto juga berpesan jalin sinergi dengan semua pihak khususnya kepada pembina LVRI, TNI dan Polri, serta pemerintah daerah, karena bagi PPM tidak melakukan gerakan politik praktis sehingga selalu mendukung program pemerintah daerah dalm gerak langkah pembangunan.

“Kepada adinda Gerry dan seluruh pengurus saya ucapkan selamat, lakukan yang terbaik dengan jalinan sinergi kepada semua pihak, era kebangkitan kebesaran PPM Sumsel jadikan moment dalam menjaga kehormatan kode etik LVRI yaitu Panca Marga melalui pengamalan JSN 45. Saat ini eranya PPM memberikan kontribusi melalui pemikiran yang konstruktif dengan meninggalkan pola-pola lama,” pungkasnya.

Acara yang tetap berpedoman protokol kesehatan Covid-19 dihadiri oleh Wa Asterdam, perwakilan Kapolda, Danlanud, Kesbangpol Sumsel, Kanwil Kemenag Sumsel, FKPPI Sumsel, HIPAKAD Sumsel, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Usai acara pelantikan dilanjutkan buka puasa bersama, ramah tamah serta ditutup dengan pengarahan oleh Senior PPM Nehri Mangkuto Ame.

Editor : Eddy Prasetyo