Dato’ Erdin Odang dan Nehri Mangkuto Ame Terima Piagam Penghargaan dan PIN PPM

Pengalungan Bintang Penghargaan Kepada Dato' Erdin Odang, Ketum PPM 2002 - 2011 dari Ketum PPM Berto Izaak Doko, Kamis (11/3/2021) - Foto eP
Waktu Baca : 3 minutes

TANHANANEWS.COM, Batam – Ketua Umum (Ketum) Pemuda Panca Marga (PPM) tahun 2002 – 2007 dan 2007 – 2011, Dato’ Erdin Odang bersama Senior PPM, Nehri Mangkuto Ame menerima piagam penghargaan dan PIN PPM dari Ketum PPM, Berto Izaak Doko, dengan mengambil tempat di kediaman Dato’ Erdin di kawasan Tanjung Dato’ Sekupang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (11/3/2021).

Acara yang dimulai pukul. 16.00 WIB, dipandu pembawa acara Said Andi SBQ (Sekretaris PD PPM Kepri) diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne PPM, mengheningkan cipta, dilanjutkan pembacaan doa oleh Ustadz Herie Daniel (salah satu pengurus PD PPM Kepri), penyerahan Bintang dan PIN juga Piagam Penghargaan, kemudian sambutan-sambutan.

Dalam sambutannya, Berto menyampaikan bahwa penyerahan penghargaan ini sudah melalui pertimbangan dan kajian panjang, menyangkut dedikasi, integritas dan loyalitas selama pengabdian di PPM.

“Pemberian piagam penghargaan ini sudah melalui berbagai pertmbangan dan kajian panjang, dan dari Bang Erdin saya mendapatkan banyak pembelajaran berorganisasi, yaitu tentang loyalitas, kesetiaan serta keberanian dalam mempimpin, sementara dari Bang Nehri, saya mendapatkan ilmu berorganisasi secara baik dan benar,” ujar Ketum PPM

“Bang Erdin dan Bang Nehri adalah dua figur yang selalu saya jadikan pedoman dalam mengemban amanah menjalankan organisasi PPM,” lanjutnya

Berto juga berharap penghargaan dari Pimpinan Pusat PPM dapat menjadi nilai tersendiri bagi PPM sebagai bentuk apresiasi dibawah kepemimpinannya.

“Kami meminta, penghargaan ini jangan dilihat harganya, tetapi lebih kepada niat tulus kami PP PPM hasil munaslub untuk memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para pendiri, mantan ketum dan senior PPM, karena kami menganggap tanpa mereka, kami tidak akan pernah ada disini. Harapan kami, ini memiliki nilai tersendiri bagi jajaran PPM di seluruh wiyalah tanah air, selanjutnya kami juga sedang menginventarisir nama-nama senior lainnya, termasuk pencipta mars dan hymne PPM yang akan kami kunjungi,” pungkas Ketum PPM Berto Izaak Doko

Dato’ Erdin Odang dalam sambutan singkatnya menyampaikan harapan agar PPM jangan pecah dan terus berbuat bagi kepentingan bangsa dan negara.

“Berto ini kader saya dan saya hanya satu permintaan saja, PPM jangan sampai pecah, teruslah berjalan dan berbuat bagi kepentingan bangsa dan negara, kalau emas tetap emas, loyang tidak akan pernah menjadi emas,” pesan mantan Ketum PPM dua periode ini.

Sementara senior PPM Nehri Mangkuto Ame menambahkan dengan pernyataan mengapresiasi untuk kepengurusan PPM hasil munaslub yang telah menggagas acara pemberian piagam penghargaan dan PIN PPM.

“Saya memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada PP PPM dibawah kepemimpinan Bung Berto Izaak Doko, karena baru kali ini ada kepengurusan yang memberikan nilai kepada pendiri, mantan ketum dan senior PPM, ini tentu harus menjadi budaya yang merupakan implementasi dari apa yang sudah disampaikan bang Erdin tadi, loyalitas, integritas dari seorang anak cucu penerus pejuang,” kata Nehri

“Jalan terus kibarkan panji pataka PPM dan Yudha Putra, karena itu amanah organsasi, dalam pergerakan akan dapat dibuktikan, yakin dan percaya dengan kekuatan diri, saya meminjam apa yang dikatakan Bang Erdin, kalau emas tetap emas yang loyang tidak akan menjadi emas,” tutup senior yang sangat fasih tentang aturan organisasi PPM.

Sebagaimana diketahui bahwa kegiatan di Batam (kediaman Dato’ Erdin Odang) ini merupakan rangkaian road show Ketum PPM Berto menyambangi pendiri, mantan ketum dan senior PPM setelah sebelumnya diberikan kepada : Joesef Faisal (Pendiri dan Ketua Umum PPM 1983-1988, 1988-1989) ; Soekotjo Said, SE (Ketua Umum PPM 1989 – 1992) ; Djoko Purwongemboro (Ketua Umum PPM 1992-1997, 1997 – 2002) ; Adi Putra Tahir ( Senior PPM) ; Dali Tahir (Senior PPM) ; Suryo Susilo (Senior PPM) dan Agus Zakaria (Senior PPM).

Acara yang berlangsung sederhana namun khidmat dan tetap berpedoman pada protokol kesehatan Covid-19 ini kehadiran Ketum PPM didampingi Ibu (Bedy Dwikawati), Saut Arthur Lumbanraja (dari PP PPM), juga dihadiri Ketua PD PPM Kepri, Pantas Parulian Napitupulu (Opan), Sekretaris PD PPM Kepri, Ir. Said Andy SBQ dan beberapa pengurus PD PPM Kepri, Emerson Tarihoran, Any Doko, Herie Daniel, Iswandi, Yulie, Ronald, Ahmad Bajuri Sitanggang serta beberapa Resimen Yudha Putra lainnya.

Editor : Eddy Prasetyo