Buka Rapimnas ke 2 PPM, Ini Pesan Ketum LVRI

Ketua Umum DPP Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Letjen TNI Purn HBL Mantiri diwakili oleh Kadep Organisasi DPP LVRI Brigjen TNI Purn Dahlan Idrus, S.IP, saat membuka Rapat Pimpinan Nasional (RAPIMNAS) ke 2 Pemuda Panca Marga (PPM) bertempat di Aula Rumah Dinas Gubernur Jambi, pada Minggu, 10 Desember 2023. - Foto : Tanhananews-EP
Waktu Baca : 2 minutes

JAMBI, TANHANANEWS.COM — Seorang pemimpin memiliki tiga fungsi, yaitu sebagai komandan yang mampu melakukan tindakan tegas terhadap mereka yang melanggar Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) organisasi, sebagai bapak yang selalu bijak dalam mengambil keputusan serta sebagai guru yang dapat mengedukasi kepada pihak-pihak yang dianggap belum memahami ketentuan organisasi Pemuda Panca Marga.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum DPP Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Letjen TNI Purn HBL Mantiri dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Ketua Departemen (Kadep) Organisasi DPP LVRI Brigjen TNI Purn Dahlan Idrus, S.IP, saat membuka Rapat Pimpinan Nasional (RAPIMNAS) ke 2 Pemuda Panca Marga (PPM) bertempat di Aula Rumah Dinas Gubernur Jambi, pada Minggu, 10 Desember 2023.

Ketum LVRI juga menyampaikan apresiasinya kepada Ketum PPM beserta jajaran yang telah bekerja keras melaksanakan konsolidasi organisasi hingga saat ini.

Perlu saya sampaikan kepada para peserta Rapimnas, bahwa hak paten Panca Marga sudah ditetapkan melalui Keputusan Presiden dan diperkuat dengan keputusan Kementerian Hukum dan HAM, bahwa hak merek Panca Marga adalah milik LVRI dan hak merek Panca Marga ini hanya diberikan kepada PPM hasil MUNASLUB pimpinan saudara Berto Izaak Doko,” jelas Ketum LVRI.

“Apabila ada pihak lain yang mempergunakan nama Panca Marga dalam organisasinya, perlu dipertanyakan, karena tidak mendapat izin dari LVRI,” imbuhnya.

Terkait dengan menghadapi Pemilihan Umum (PEMILU) 2024, Ketum LVRI mengingatkan bahwa PPM harus memiliki sikap yang sama dengan LVRI, secara organisasi netral tidak memihak kepada calon presiden dan calon wakil presiden manapun.

“Veteran RI selaku pejuang dan PPM selaku putra-putri pejuang harus dapat menjadi contoh dan tauladan serta membantu sepenuhnya untuk mewujudkan pemilu yang damai dan aman,” pungkas Letjen TNI Purn HBL Mantiri.

Sementara Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos., M.H. dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jambi H. Sudirman, S.H., M.H menyampaikan harapannya, agar RAPIMNAS ke 2 PPM dapat menggugah seluruh keluarga besar PPM untuk turut aktif dalam meningkatkan kesejahteraan anggotanya, pembinaan generasi muda sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa dalam wadah NKRI.

“Besar harapan saya, kedepan PPM akan semakin bertranformasi menuju organisasi yang besar, kuat dan kompak,” harap Gubernur Jambi.

Ia pun menyampaikan agar pengurus dan anggota PPM dapat berkolaborasi dengan pihak pemerintah khususnya di wilayah Provinsi Jambi dalam upaya menjaga dan mendukung serta mengedukasi generasi muda agar selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

RAPIMNAS ke 2 PPM di Jambi yang mengambil tema “Menegaskan Sikap Politik Kebangsaan Pemuda Panca Marga Menghadapi Pemilihan Umum 2024” merupakan pelaksanaan amanat organisasi sebagaimana tertuang dalam AD ART PPM serta tindak lanjut dari RAPIMNAS Pertama PPM pada 2022 lalu di Kota Semarang.

RAPIMNAS PPM diikuti oleh unsur LVRI selaku Dewan Pembina, unsur Dewan Pertimbangan Pusat (WANTIMPUS) PPM, jajaran Pimpinan Pusat (PP) PPM serta jajaran Pimpinan Daerah (PD) PPM.

Hadir dalam pembukaan RAPIMNAS 2 PPM diantaranya, Ketua DPD LVRI Jambi Mayor Purn Mulia Sihombing, Forkopimda Provinsi Jambi dan para tamu undangan lainnya.

REDAKSI | EDITOR: EDDY PRASETYO