Sebanyak 6 Juta Bahan Vaksin Corona Produksi Sinovac Tiba di Indonesia

Kedatangan 6 Juta Bahan Vaksin Corona Produksi SINOVAC China (Tangkapan Gambar Chanel YouTube Sekretariat Presiden)
Waktu Baca : < 1 minute

TANHANANEWS.COM, Jakarta — Sebanyak 6 Juta bulk (bahan baku) vaksin virus corona Sinovac yang diterbangkan dari negeri asal China ke Indonesia dengan maskapai penerbangan Garuda tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang Banten pukul 12.00 WIB.

Bahan baku vaksin virus corona yang diterbangkan dengan fasilitas pendingin nantinya akan diproses lebih lanjut di Bio Farma Bandung.

Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers yang ditayangkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (18/4/2021) menyampaikan bahwa 6 juta bahan vaksin sinovac yang masuk merupakan bagian dari pengiriman 140 Juta bahan vaksin yg akan diterima tahun ini.

“Dalam satu bulan ke depan kita bisa menerima tambahan sekitar 20 jutaan dosis lagi hasil produksi Biofarma asal kedatangan bulk vaksin ini,” kata Budi

Kiriman tersebut ini merupakan kedatangan vaksin Covid-19 tahap ke-delapan di Tanah Air.

Sebelumnya pada Maret lalu sebanyak 16 juta bahan baku vaksin virus corona dari perusahaan asal China, Sinovac, tiba di Indonesia, Kamis (25/3/2021) siang. Kedatangan vaksin kali ini tercatat sebagai penerimaan vaksin tahap ketujuh.

Dengan kedatangan bahan baku vaksin itu, untuk saat ini total vaksin buatan perusahaan China yang diterima PT Bio Farma (persero) hingga akhir Maret mencapai 52 juta dosis hingga pengiriman tahap ketujuh.

Prosedur serupa juga dilakukan pada pengiriman dan kedatangan vaksin Covid-19 tahap kedelapan.

(Redaksi)