Bandara Jenderal Besar Soedirman Buka Penerbangan Perdana 1 Juni 2021

Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga, Jawa Tengah. (apg.or.id)
Waktu Baca : 2 minutes

TANHANANEWS.COM, Jakarta — Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi), menyampaikan harapannya penerbangan perdana dapat dibuka mulai 1 Juni 2021, saat melakukan monitoring pembangunan sarana Bandara Jenderal Besar Soedirman (BJBS).

“Mudah mudahan akhir bulan ini bisa siap 100 persen supaya pembukaan pertama first flight tanggal 1 Juni 2021 bisa berjalan sesuai rencana,” tutur Bupati Purbalingga, Selasa siang (18/5/2021) dilansir KRJOGJA.

Pemasangan Tenda Roder untuk terminal sementara BJBS Enclave Sipil Lanud JB Soedirman sudah selesai, berikut sarana dan prasarana. Hanya saja masih membutuhkan pavingisasi dari Angkasa Pura II. Disamping pemasangan perangkat elektronik, penataan lingkungan dan parkir di sekitar tenda.

Pembangunan tenda Roder difasilitasi Pemkab Purbalingga melalui proses lelang senilai Rp 628.320.000. Dengan standarisasi yang tinggi, tenda itu diklaim cukup kokoh dan tahan menghadapi terjangan angin kencang hingga 100 km perjam. Tenda itu juga mampu digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Executive General Manager Bandara JB Soedirman Catur Sudarmono menyebutkan, menjelang first flight, PT Angkasa Pura II selaku penyedia bandara telah mempersiapkan banyak hal. Meliputi fasilitas untuk Airlines dan Airnav.

“Sarpras berupa alat-alat elektronika juga sudah siap. Penyelesaian ini tinggal sisi infrastruktur pagar dan pemasangan paving saja. Kemarin sempat terkendala karena produksi pavingnya tidak bisa dalam waktu terlalu cepat, karena ini paving dengan standard khusus,” ujarnya.

Terkait kepastian operasionalisasi bandara pada tanggal 1 Juni 2021, pihaknya mengaku tetap optimis bisa dilaksanakan. Hal itu didasarkan pada hasil rapat Tim Pengoperasian bandara di kantor pusat yang telah dilakukan sebelumnya.

“Artinya bahwa persiapan administrasi, dokumen, SBU sudah terbit semua, tinggal ini penyelesaian teknis dan fisik di lapangan saja. Administrasi antara Airlines dan Airnav juga dalam waktu dekat bisa selesai dengan teman-teman TNI,” ujarnya.

Catur juga menambahkan, maskapai penerbangan yang baru bisa melayani rute ke Bandara JB Soedirman yakni Citilink, dengan rute ke Bandara Halim Perdanakusuma (HLP).

“Info yang kami dapat masih Citilink. untuk yang lain belum ada informasi secara pasti yang bisa kami sampaikan,” ujanya.

Sumber : KRJOGJA