Kelompok Tani Hamparan PPM Kabupaten Bener Meriah Menggelar Panen Perdana Tembakau “White Berley”

Panen Perdana Tembakau White Berley (Foto Humas PC PPM Bener Meriah)
Waktu Baca : 3 minutes

TANHANANEWS.COM, Bener Meriah, Aceh – Kelompok Tani Hamparan Pemuda Panca Marga (PPM) menggelar panen perdana tembakau “White Berley” di atas lahan tembakau Kampung Arul Cincin, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh, Senin (22/2/2021). Demikian disampaikan Iwan Kurnia, Ketua Pimpinan Cabang (PC) PPM Bener Meriah melaui rilis yang disampaikan kepada tanhananews.com (23/2/2021).

Panen perdana dibuka secara simbolis oleh Sekretaris Daerah, Drs. Haili Yoga, M.Si, mewakili Bupati Bener Meriah dilanjutkan dengan pemanenan diatas lahan seluas 60 hektar yang dikelola oleh Gabungan Kelompok Tani Hamparan PPM Bener Meriah.

“Penanaman tembakau “White Berley” dilaksanakan oleh Gabungan Kelompok Tani PPM ini berawal dari tingginya permintaan tembakau saat ini, serta adanya keinginan untuk mengembangkan kembali tembakau yag merupakaan salah satu potensi hasil bumi andalan dataran tinggi Gayo dimasa lalu,’ tutur Iwan dalam sambutannya.

‘Saat ini lahan di wilayah Kecamatan Pintu Rime Gayo sudah mencapai 60 hektare dan “White Barley” per batangnya dapat menghasilkan tembakau antara 3 kg hingga 6 kg, lebih besar dari jenis lainnya yang hanya berkisar 1 – 3 kg, tentu ini menjadi lebih menguntungkan bagi petani,’ ungkapnya.

Diakhir sambutannya, Ketua PC PPM Bener Meriah berharap dukungan dan bimbingan dari Pemerintah Daerah dalam upaya pengembangan serta pemasarannya ke depan, karena ia yakin jika dilaksanakan dengan peran serta semua pihak, maka pertanian tembakau ini bisa menjadi salah satu komoditi andalan bagi petani di Kabupaten Bener Meriah.

Sementara Sekda yang mewakili Bupati Bener Meriah dalam sambutannya menyampaikan sangat apresiasi kepada Kelompok Tani Hamparan PPM atas upayanya dalam menngembangkan tembakau “White Berley” di Wilayah Kabupaten Bener Meriah. 

“Pemerintah Daerah Bener Meriah sangat mengapresiasi denga napa yang telah diupayakan oleh Kelompok Tani Hamparan PPM, tentunya semakin banyak komoditi pertanian dan perkebunan yang kita hasilkan akan membawa dampak ekonomi yang besar bagi kesejahteraan masyarakat, selain kopi sebagai andalan utama kita, kita perlu mendukung pengembangan komoditi lainnya seperti pengembangan pisang Cavendis dan tembakau seperti yang kita lakukan saat ini,” ucap Sekda

“Kami sangat mendukung program pengembangan tembakau ini, kongkritnya akan dibantu dengan bimbingan penyuluhan dan pembinaan mealui Dinas Pertanian Kabupaten Bener Meriah,” tegasnya

Diakhir sambutannya Drs. Haili Yoga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu pengembangan tembakau di Kabupaten Bener Meriah, khususnya Kelompok Tani Hamparan Pemuda Panca Marga dan Kelompok Tani tembakau lainnya yang hadir pada panen perdana tersebut.

Kegiatan Panen Perdana tembakau White Berley selain dihadiri oleh Sekda, dihadiri juga Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drh. Sopyan, Asisten Administrasi Umum, Armansyah, SE, M.Si, Kepala Dinas Pertanian, Ir. Nurisman, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Abdul Kadir, ST, Danramil Pintu Rime Gayo Kapten Aep Mukran, Kapolsek Pintu Rime Gayo IPDA Dasril, Tim Asistensi Bupati Alwin Al-lahad, Pakar Cerutu Tanoh Gayo, Salmy, serta Pengurus PC PPM Bener Meriah.

Editor : eP