Tokoh Pemuda Jepara: Kehadiran PPM dan LVRI Tingkatkan Kewibawaan Pemerintah Daerah Setempat

Ilustrasi Logo LVRI dengan PPM (Ist)
Waktu Baca : 2 minutes

TANHANANEWS.COM, Jakarta – Topan, salah seorang tokoh pemuda, aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Ormas Garda Kabupaten Jepara Jawa Tengah (Jateng) menyebutkan bahwa kehadiran Pemuda Panca Marga (PPM) dan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) akan meningkatkan kewibawaan pemerintah daerah setempat.

Mengutip dari laman inilahonline.com,  Selasa (23/3/2021), pernyataan tersebut terkait rencana pelantikan pengurus PPM dan LVRI se-Eks Karesidenan Pati Jateng, yang meliputi Kabupaten Jepara, Kudus, Pati, Rembang dan Kabupaten Blora.

“Keberadaan PPM dan LVRI di Jepara akan menambah semarak dalam dunia pergaulan kemasyarakatan antar LSM di wilayah kabupaten Jepara. Setidaknya akan ada jalinan komunikasi dan kerja sama, antara LSM-LSM dan organisasi kepemudaan (OKP) PPM serta wadah para mantan pejuang kemerdekaan bernama LVRI,” katanya.

Saat dikonfirmasi, Ketua DPD LVRI Jateng Kol. (Purn) H. Imam Moenadjat, belum memberikan kepastian waktu kapan pelaksanaan pelantikan pengurus LVRI dan PPM di lima wilayah kabupaten Kabupaten se Eks Karesidenan Pati.

“Sampai saat ini, Bupati Jepara Andi Kristiandi melalui Kepala Dinas Kominfo (Kadiskominfo) Kabupaten Jepara, masih belum ada konfirmasi terlaksana audensi, dikarenakan belum ada waktu yang tepat mengingat Bupati masih sibuk dengan tugas kegiatannya sebagai kepala daerah,” ungkapnya.

Dalam audiensi itu, selain digunakan untuk silaturahim, kami juga akan dijelaskan secara rinci mengenai jadwal kegiatan pelantikan pengurus LVRI dan PPM nanti diantaranya adalah acara inti “pembaretan” sebagai warga kehormatan LVRI dan PPM yang akan diberikan pada jajaran pimpinan pemerintahan setempat yaitu, Bupati, Ketua DPRD, Dandim, Kajari dan Ketua Pengadilan Negeri Kabupen Jepara.

“Pelantikan Pengurus LVRI dan PPM di Eks Karesidenan-karesidenan se-Jateng, beberapa waktu lalu sudah dilaksanakan dianatranya adalah Pengurus  Eks Karesidenan Pekalongan, Karesidenan .Kedu dan Eks Karesidenan Semarang,” jelasnya.

Sementara itu, Pengurus Pusat LVRI Drs. Dadiek Sudadi ketika dihubungi melalui telpon selulernya menjelaskan, bahwa PPM adalah wadah atau organisasi kepemudaan para anak pejuang dan merupakan anak kandung veteran yang dilahirkan oleh LVRI.

“Tata kerja dan hubungan antar Pengurus LVRI Jateng dan Pengurus PPM Jateng yang signifikan  dan harmonis itu, akan dijadikan model bagi pengurus LVRI dan PPM diseluruh daerah di Indonesia,” terang Humas LVRI Pusat tersebut.

“Saya sebagai orang Jateng merasa bangga dengan tata kerja dan  keharmonisan antara LVRI dan PPM Jateng yang dapat dicontoh oleh pengurus-pengurus lainnya di Indonesia,” imbuhnya.

(INILAHONLINE/Redaksi)