LVRI Kota Serang Pancangkan Bambu Runcing Berbendera Merah Putih di Makam Anggota Veteran

Pemancangan Bambu Runcing ber Bendera Merah Putih di Makam Para Veteran RI (Foto Ist)
Waktu Baca : 3 minutes

TANHANANEWS.COM, Jakarta – Sebagai bentuk penghargaan kepada pengurus dan anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) yang telah wafat, tetapi tidak dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP), maka Dewan Pimpinan Cabang (DPC) LVRI Kota Serang melaksanakan upacara penyerahan piagam penghargaan kepada ahli waris dan pemancangan bambu runcing berbendera merah putih di Makam Purna Bakti, Kota Serang, Selasa (23/3/2021)

Kegiatan tersebut berdasarkan UU Nomor 7 tahun 1967, Keppres No. 103/1957, Keppres No. 9/1989, Skep Mabes LVRI No. 84 Tahun 1991, ditindaklanjuti dengan Surat Keputusan DPD LVRI Banten No. 17 Tahun 2018 yang memerintahkan kepada DPC LVRI Kabupaten/Kota se Provinsi Banten untuk melaksanakan Pemancangan Bambu Runcing berBendera Merah Putih di Makam Para Veteran RI yang di makamkan di luar TMP atau dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU).

Uapacara di Makam Purna Bakti Serang dimulai pukul. 08.00 WIB, dipimpin langsung Ketua DPD LVRI Banten, Ayahanda H. Mulyadi, selaku pembina upacara serta Ketua DPC LVRI Kota Serang, Ayahanda H. Sarkum, sebagai komandan upacara.

Perwira Upacara Ayahanda H. Kasirun, sebelum upacara menyampaikan rasa terima kasihnya atas kerjasama yang baik antara LVRI Kota Serang dan LVRI Kota Cilegon dibawah pimpinan Sudarsono (yang telah melaksanakan pemancangan bambu runcing berbendera merah putih sebelumnya), serta Ibu-ibu Persatuan Istri Veteran RI  merupakan contoh yang baik saling bahu membahu sehingga terlaksana acara yang mulia dan khidmat ini.

Acara dipandu oleh Dede Rusli dari unsur PPM sesuai arahan dari Ketua Markas Daerah Pemuda Panca Marga Banten, H. Chandra Mahar Dhika,SE,MM.

Dalam amanahnya Pembina Upacara menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada segenap panitia dan pendukung acara, khususnya kepada Ketua DPC LVRI Kota Serang (H. Kasirun) dan Ketua DPC LVRI Cilegon (Sudarsono).

Peserta Upacara berjumlah sekitar 100 orang terdiri dari unsur LVRI dan PIVERI tingkat Provinsi dan tingkat kota serta kabupaten, unsur Pemuda Panca Marga, keluarga/wahli waris almarhum Veteran dan tokoh masyarakat.

Pembukaan Selubung Bambu Runcing berwarna merah putih dan penyampaian Piagam Penghargaan oleh Pembina Upacara H. Mulyadi kepada Wakil Keluarga/Ahli Waris Ny. Basir menimbulkan rasa haru dan bangga dari segenap Ahli Waris dan peserta Upacara.

Wakil Keluarga Letda Tri Suwanta putra dari Ahli Waris yang juga bertugas di Kopassus Grup 1 menyampaikan rasa terima kasih atas penghargaan yang telah diberikan oleh DPD LVRI Provinsi Banten dan DPC LVRI Kota Serang kepada almarhum. Menurutnya dengan adanya replica Bambu Runcing di atas makam para Veteran ini, membuat Makam Purna Bakti Nampak seperti Taman Makam Pahlawan walau dalam bentuk yang lebih kecil.

Suasana hening dan khidmat sangat terasa ketika dilaksnakan Acara Tabur Bunga di makam Para Veteran.

Acara yang tetap berpedoman pada protokol kesehatan Covid-19 ditutup dengan Laporan H. Kasirun selaku Perwira Upacara dilanjutkan dengan kunjungan kepada para anggota dan keluarga Veteran yang sakit di Komplek Purna Bakti.

Penulis: Dede Rusli – Humas PPM Banten

Editor : Eddy Prasetyo.