Ketua MIO NTB Apresiasi Semangat Pupinka Sumbawa Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Ketua MIO NTB Apresiasi Semangat Pupinka Sumbawa Tingkatkan Kualitas Pendidikan (Istimewa)
Waktu Baca : 2 minutes

TANHANANEWS.COM, Jakarta — Ketua Media Online (MIO) Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Feryal Mukmin didampingi wakil ketua Muhammad Rum mengunjungi basecamp Pustaka Pinggir Kali (Pupinka) di Kampung Pupinka Kelurahan Bugis Kabupaten Sumbawa NTB, Minggu (23/5/2021).

Pupinka berawal dari keinginan pemuda di Keluarahan Bugis Kabupaten Sumbawa NTB yang menginisiasi pergerakan dalam bidang perpustakaan. Kini setelah 5 tahun sejak dibentuk pada 2016 telah mengembangkan kegiatannya di bidang sosial, seni, budaya, pariwista, pertanian, agama hingga olah raga.

Dalam kunjungan kali ini Ketua MIO ditemui tokoh penggerak Pupinka, Fahmi yang juga menjadi salah satu pemuda pelopor Sumbawa.

Pupinka sebelumnya sudah dikunjungi beberapa pejabat dan publik figur seperti Fahri Hamzah, Menteri Pendidikan, Staf Ahli BNPB, Bupati Sumbawa, Kapolres Sumbawa, dan banyak lagi, bahkan Gubernur juga direncanakan akan diundang ke Pupinka. 

Feryal mengapresiasi semangat yang diberikan oleh para pengurus Pupinka kepada masyarakat setempat khususnya kepada anak muda yang sebelumnya acak-acakan oleh pergaulan di zaman modern.

“Saya sangat bangga kepada teman-teman yang ada di Pupinka ini, mereka semangat untuk memajukan pendidikan dan banyak terjun untuk kegiatan sosial membantu orang-orang yang membutuhkan,” kata Feryal.

Sementara itu, Pengurus Pupinka, Fahmi, mengucapkan terimakasih kepada Ketua MIO Indonesia Provinsi NTB yang telah meluangkan waktu untuk datang berkunjung ke Basecamp Pupinka. 

Ia mengatakan, bahwa Pupinka hadir sebagai wadah yang memberikan manfaat kepada orang banyak khusunya anak muda calon generasi selanjutnya yaitu generasi gemilang yang nantinya akan memimpin Sumbawa. 

“Pupinka hadir sebagai wadah alternatif untuk belajar, kerena pelajaran ini gak cukup di sekolah saja, di Pupinka mereka diajarkan apa yang tidak didapat di sekolah formal, serta mendidik generasi sedini mungkin menjadi generasi gemilang,” ungkap Fahmi. 

“Alhamdulillah kami juga punya rumah bibit dan dari bibit-bibit itu kami jual untuk mendapatkan kas Pupinka,” kata Fahmi yang akrab disebut Koko Mamenk 

Namun sejak Pupinka hadir, terbentuklah wadah untuk anak-anak muda tersebut untuk mengembangkan ide dan belajar untuk meraih mimpi-mimpi mereka ke dapan. 

“Yang kami rekomendasikan untuk kuliah di beberapa universitas sudah 11 orang, mereka mendapat beasiswa seperti di Universitas Samawa, UTS dan Muhammadiyah Mataram,” ujar Koko Mamenk. 

Ditambah lagi dengan letak basecamp Pupinka yang berada di pinggir kali, sehingga taman-taman yang sudah ditata rapi untuk wisata perpustakaan acap kali diterjang banjir. 

Koko Mamink berharap kepada pemerintah, agar memperhatikan Pupinka karena selama 5 tahun ini ia bersama pengurus sudah melakukan hal yang maksimal untuk meningkatkan mutu pendidikan yang akan bermuara pada peningkatan SDM. Harapnya. 

Sejak tahun 2018, Koko Mamenk sudah meminta kepada DPRD Sumbawa dan Pemda untuk membangun tanggul di pinggir kali sehingga taman-taman yang dibuat oleh Pupinka dapat bertahan lama dan tidak diterjang banjir. 

“Kami ingin sekali membuat taman sepanjang kali ini, sehingga dengan adanya taman itu warga juga dapat memanfaatkannya untuk membuka usaha,” kata Mamenk.

Penulis : Obama Bima

Editor    : Eddy Prasetyo