Rapat Kerja Wilayah APJII Kepulauan Riau Targetkan Kerjasama dengan Palapa Ring Barat

Dadik Febriawan, Ketua APJII Provinsi Kepri (Foto Istimewa)
Waktu Baca : 2 minutes

TANHANANEWS.COM, Jakarta — Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Provinsi Kepulauan Riau, Senin (29/3/2021) di Hotel Asialink Batam mentargetkan kerjasama dengan Palapa Ring Barat untuk menyediakan layanan Internet pada daerah dengan katagori Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T) serta membantu melancarkan bisnis Perusahaan Internet Service Provider di Kepulauan Riau.

Mengutip dari Data Buletin APJII bahwasannya Palapa Ring Barat adalah proyek menggelar kabel laut sepanjang 35.280 kilometer dan darat sejauh 21.807 kilometer. Proyek ini terbagi menjadi 3 wilayah yaitu : Barat, Tengah dan Timur. Proyek ini dinyatakan sudah selesai oleh pemerintah  dan beroprasi.

Berdasarkan hasil survei penetrasi dan perilaku pengguna internet Indonesia tahun 2017 yang dilakukan oleh APJII dan Teknopreniur Indonesia menyebutkan bahwa daerah rural-urban dan rural masih menjadi pekerjaan rumah bagi kita semua, sebab penetrasi internet tersebut masih dibawah angka 50% artinya masih banyak masyarakat di Indonesia yang belum tersentuh / terjangkau Internet.

Atas dasar itulah, maka sesuai dengan program pemerintah yaitu memeratakan daerah yang termasuk dalam katogari 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) agar dapat menikmasti fasilitas adanya Internet maka APJII ingin bekerjasama dengan Bhakti dan Palapa Ring Barat untuk mengatasi permasalahan ketertinggalan tersebut.

Kepulauan Riau termasuk dalam katagori wilayah Barat kabel yang direntangkan sejauh 2000 kilometer yang melewati Riau, Kepri dan Kalimantan.

Terkait proyek ini maka Anggota APJII di Kepulauan Riau, melalui APJII berharap agar PRB ini segera terealisasi di wilayah kepri.

Rencana proyek PRB ini sudah beberapa kali dibahas melalui meeting dan Focus Group Discussion Bersama Bhakti dan pihak Palapa Ring Barat. 

Update terakhir pada acara Rakerwil APJII Kepri menyepakati untuk membahas lebih detail perihal teknis yang natinya akan diajukkan oleh APJII Pusat kepada pihak – pihak terkait.

Satu lagi pembahasan terkait Konten agar Indonesia Internet Exchange (IIX) APJII Kepri bisa maksimal. APJII akan fokus pada pengembangan penambahan content, mengutamakan mengembangkan konten local. Untuk menunjang pengembangan ini maka APJII Kepri kedepannya akan menyediakan perangkat dan memfasilitasi konten asli kepri agak berkembang dan bisa bersaing dengan konten nasional.

Penulis: Badan Penyelenggara Harian

Editor : Eddy Prasetyo