Ketum PPM: Melalui Hardiknas 2021 Kobarkan Terus Jiwa Semangat Saling Asah, Asih dan Asuh

535
Ketua Umum PPM, Berto Izaak Doko (Foto EP)
Waktu Baca : 2 minutes

TANHANANEWS.COM, Jakarta — Berto Izaak Doko, Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Panca Marga (PP PPM) melalui moment Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021 mengajak semua elemen bangsa untuk terus mengobarkan jiwa semangat salih asah, saling asih dan saling asuh bagi kebangkitan ditengah pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikannya dalam rangka memperingati Hardiknas Tahun 2021, Minggu (2/5/2021) pagi.

“Pertama ingin saya sampaikan, atas nama pribadi maupun organisasi PPM, mengucapkan selamat memperingati hari pendidikan nasional yang jatuh pada 2 Mei 2021,” kata Berto

“Selanjutnya saya mengajak kepada seluruh emelen bangsa, jadikan momen Hardiknas 2021 untuk terus mengobarkan jiwa semangat saling asah, saling asih dan saling asuh dengan tetap berpedoman pada falsafah bangsa Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945,” ujarnya.

Lihat Juga  Anita Noeringhati: PPM Mitra Strategis Pemerintah Dalam Menjalankan Setiap Kebijakan

Berto juga menjelaskan bahwa ajakannya relevan dengan apa yang diwariskan oleh Bapak Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara melaui semboyan Ing Ngarso Sung Tulodo (jika berada didepan dapat menjadi tauladan), Ing Madyo Mangun Karso (saat berada ditengah mampu membangkitkan semangat) dan Tut Wuri Handayani (ketika dibelakang bisa memberikan dorongan moral bagi kemajuan yang lainnya).

“Saling asah, artinya bersama menajamkan pemikiran dan saling mengingatkan untuk kebaikan, saling asih, tanamkan jiwa saling mengasihi, menyayangi, menghargai dan menghormati sesama warga bangsa dan salih asuh, hidup saling melengkapi, bukan saling menyalahkan,”rinci Ketum PPM

Lihat Juga  PPM Kehilangan Tokoh Senior, Dato' Erdin Odang Meninggal Dunia

DItetapkannya 2 Mei sebagai Hardiknas, adalah mengenang hari kelahiran Ki Hajar Dewantara yang lahir di Pakualaman pada 2 Mei 1889.

Ki Hajar Dewantara yang memiliki nama asli Raden Mas Soewardi Soerjaningrat dikenal sebagai Bapak Pendidikan Nasional, karena semasa hidupnya memiliki jasa besar dalam memperjuangkan hak-hak pendidikan bagi masyarakat pada masa penjajahan Belanda.

Sistem pendidikan Hindia Belanda yang membatasi kesempatan belajar hanya bagi kaum bangsawan ditentang keras oleh Ki Hajar Dewantara dengan mendirikan  Taman Siswa, tempat pendidikan bagi kaum pribumi.

Tema Hardiknas 2021 yang ditetapkan oleh Pemerintah adalah “Serentak Bergerak Wujudkan Merdeka Belajar

Lihat Juga  Peringati HUT Ke-41, PPM Teken Kerjasama dengan Tiga Perusahaan Swasta

Diakhir perbincangannya, Berto menitipkan harapannya semoga masa pandemi Covid-19 bukan menjadi faktor yang melemahkan, namun sebagai penguat melalui hikmah pembelajaran dan terus melakukan yang terbaik dengan inovasi-inovasi kreatif dan produktif.

Editor : Eddy Prasetyo