Gelar Rapimnas ke 2, Ketum PPM Berto Tegaskan Sikap Politik Tegak Lurus LVRI

Ketua Umum PP PPM Berto Izaak Doko saat memberikan sambutan pada pembukaan RAPIMNAS ke 2 PPM, bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, pada Minggu, 10 Desember 2023 - Foto : Tanhananews-EP
Waktu Baca : 2 minutes

JAMBI, TANHANANEWS.COM — Pemuda Panca Marga (PPM) secara kelembagaan dengan tegas telah memutuskan untuk tegak lurus terhadap Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) yang menganut pada paham politik negara yang lebih mengedepankan pada kepentingan bangsa dan negara.

Hal tersebut ditegaskan oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Panca Marga (PP PPM) Berto Izaak Doko dalam sambutannya pada pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (RAPIMNAS) ke 2 PPM bertempat di di Aula Rumah Dinas Gubernur Jambi, pada Minggu, 10 Desember 2023.

“Namun sudah barang tentu PPM tetap memberikan kesempatan bagi pengurus dan anggotanya secara personal dan bukan atas nama lembaga atau organisasi untuk memberikan hak politiknya sesuai dengan hati nurani masing-masing,” lanjut Berto.

Menurut Berto, PPM yang dilahirkan oleh LVRI harus konsisten dalam mengawal, menjaga harkat martabat dan kehormatan LVRI, mengingat hal tersebut merupakan bentuk tanggung jawab bagi keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara agar sesuai dengan cita-cita para pendirinya.

“Salah satu upaya yang akan dan terus kita lakukan adalah bagaimana PPM dapat memberikan kontribusi nyata untuk menciptakan kondisi bangsa yang kondusif serta memberikan kenyamanan bagi masyarakat dalam menjalankan kehidupannya,” ujarnya.

Terkait pelaksanaan RAPIMNAS ke 2 PPM yang mengambil tema “Menegaskan Sikap Politik Kebangsaan Pemuda Panca Marga Menghadapi Pemilihan Umum 2024”, Berto menjelaskan bahwa pelaksanaan tersebut merupakan amanat organisasi sebagaimana tertuang dalam AD ART PPM serta tindak lanjut dari RAPIMNAS Pertama PPM pada 2022 lalu di Kota Semarang.

Dalam kesempatan tersebut, Ketum PPM juga menyampaikan pesan Ketua Umum DPP LVRI Letjen TNI Purn HBL Mantiri, saat bersilaturahmi langsung di kediaman, bahwa : Pertama, PPM harus lebih meningkatkan karya nyatanya dalam memberikan kontribusi yang lebih mengutamakan khususnya kepentingan kesejahteraan, menjaga harkat dan martabat serta marwah Keluarga Besar Veteran RI serta umumnya pada kepentingan masyarakat luas.

Kedua, terkait adanya kelompok yang mengatasnamakan PPM untuk kepentingan tertentu, maka Ketua Umum DPP LVRI meminta kepada PPM agar segera mengambil langkah tegas kepada kelompok tersebut terlebih telah mempergunakan atribut PPM tanpa seijin pemilik hak secara hukum yang berlaku yaitu PPM LVRI dibawah kepemimpinan kami.

“Hal ini perlu saya sampaikan kepada jajaran PPM di seluruh Indonesia, agar tidak ada lagi keraguan dalam melangkah kedepan dalam memaksimalkan peran serta PPM bagi kepentingan masyarakat dan bangsa Indonesia yang sama-sama kita cintai,” kata cucu Pahlawan Nasional asal NTT Izaak Huru Doko.

RAPIMNAS ke 2 PPM dibuka oleh Ketua Umum DPP LVRI yang diwakili oleh Ketua Departemen Organisasi DPP LVRI Brigjen TNI Dahlan Idrus.

Di tempat yang sama acara pembukaan RAPIMNAS ke 2 PPM diawali dengan Pelantikan Komandan Resmen Korps Yudha Putra PPM oleh Komandan Korps Yudha Putra Berto Izaak Doko.

Tampak hadir dalam acara pembukaan RAPIMNAS ke 2 PPM, ketua dan jajaran DPD LVRI Jambi, Gubernur Jambi yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Forkopimda Provinsi Jambi, Kapolda Jambi, Wakapolres Kota Jambi, Sekretaris Dewan Pertimbangan Pusat (WANTIMPUS) PPM Suryo Susilo, kalangan senior PPM, jajaran PP PPM, jajaran PD PPM se Indonesia dan para tamu undangan.

REDAKSI | EDITOR: EDDY PRASETYO