PPM Banten Ucapkan Selamat HUT Ke 55 Korem 064/MY

Foto Istimewa
Waktu Baca : 2 minutes

TANHANANEWS.COM, Jakarta — Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 55 Korem 064/Maulana Yusuf pada 17 Mei 2021, Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Panca Marga (PD PPM) Banten, Chandra Mahardika mengucapkan selamat HUT semoga semakin gemilang dalam pelaksanaan tugas dan pengabdiannya kepada Bangsa dan Negara, khususnya di wilayah Banten.

Ucapan tersebut disampaikan Chandra di Markas Daerah (Mada) PPM Banten, Jl Letdan Jidun No 5 C, Serang, Senin (17/5/2021)

Chandra berharap dimasa datang, jalinan sinergi PD PPM Banten dengan Korem 064/Maulana Yusuf dapat terus ditingkatkan dalam peran aktif di segala bidang bagi kepentingan masyarakat Banten pada khususnya.

“PPM sebagai bagian keluarga besar TNI [KBT] tentu berharap dapat dilibatkan dalam membantu keberhasilan tugas Korem 064/Maulana Yusuf, selaku Pembina Teritorial di Banten,” ujarnya.

“Dalam giat sosialisasi JSN45, bela negara termasuk upaya pencegahan penyebaran virus corona [Covid-19] yang sedang melanda bangsa ini,” lanjut Ketua PPM Banten.

Korem 064/Maulana Yusuf merupakan satuan dibawah Kodam III/Siliwangi yang didirikan pada 17 Mei 1966 melalui Surat Keputusan Pangdam VI/Siliwangi dan diresmikan oleh Mayor Jenderal TNI Ibrahim Adje (Pangdam Siliwangi ketika itu).

Korem 064/Maulana Yusuf memiliki motto ‘Gawe Kuta Baluwarti Kalawan Kamis’, kalimat bahasa Jawa Banten Kuno yang diucapkan oleh Sultan Maulana Yusuf.

Gawe Kuta Baluwarti Bata Kalawan Kawis memiliki makna penting dalam pandangan sejarah dan kebudayaan masyarakat Banten.

Dalam kajian Sajarah menyebutkan ‘Gawe Kuta Baluwarti Kalawan Kamis’ merupakan perwujudan dari kebijakan Sultan Banten, khususnya pada pemerintahan Sultan Maulana Yusuf (1570-1580) dalam membangun infrastruktur perkotaan, salah satunya adalah benteng pertahanan dengan menggunakan batu bata dan karang (kawis).

Kebijakan yang merupakan simbol harmonisasi antra gatra alami (karang) dengan sosial (batu bata) melalui pemanfaatan geopolitik Kesultanan Banten sebagai Kerajaan Maritim yang pernah jaya pada masanya. Sebuah warisan sikap kearifan lokal yang menjadi landasan pikir dan laku bagi para generasi penerusnya. Saat ini Korem 064/Maulana Yusuf dipimpin oleh Danrem Brigjen TNI Gumuruh Winarjatmiko.

Sumber : Humas PD PPM Banten

Editor : Eddy Prasetyo