Danlanal Palembang Siap Latih PPM Sumsel Jadi Kader Kampung Bahari Nusantara

PPM Sumsel bersama Danlanal Palembang (Istimewa)
Waktu Baca : 2 minutes

TANHANANEWS.COM, Jakarta — Ketua PD PPM Sumatera Selatan (Sumsel), Gerry Gunung Iskandar diterima Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlanal) Palembang, Kolonel Laut (P) Filda Malari CTMP dalam kunjungannya di Pangkalan Utama TNI AL Boom Baru Palembang pada Jumat (21/5/2021).

Kunjungan Ketua PPM Sumsel bersama jajaran pengurus, selain memperkenalkan kepengurusan juga menyerahkan Surat Keputusan (SK) PPM termasuk didalamnya SK Dewan Pembina Teritorial PPM Masa Bakti 2020-2025.

PPM Sumsel juga membahas terkait Cadangan Nasional (Cadnas) serta keterlibatannya mendukung setiap program kerja TNI AL khususnya bidang sosial kemasyarakatan.

“Fokus PPM Sumsel saat berdiskusi bersama Danlanal adalah mengenai Program Jaga Kebersihan Sungai, Bakti Sosial Rumah Terapung di Pinggiran Sungai Musi serta Penyuluhan Keselamatan Perjalanan Laut baik kepada angkutan laut maupun penumpang” ujar Gerry

Ketua PPM Sumsel menambahkan bahwa saat ini, banyak sekali wilayah di bantaran Sungai Musi yang masih minim perhatian dari pemerintah, sehingga diharapkan kehadiran PPM dapat menjadi perpanjangan tangan dari Pemerintah dan TNI-Polri.

Danlanal Palembang menyambut baik kunjungan PPM Sumsel yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari LVRI dan Keluarga Besar TNI.

Kolonel Laut (P) Filda Malar menyampaikan kalau dirinya memiliki basic sebagai pendidik soft skill ini menginginkan adanya pendidikan dan pelatihan bagi pengurus PPM bukan hanya sekedar Diksarmil melainkan soft skill yang dapat bermanfaat bagi anggota PPM.

“Saya kalo melihat PPM semangat dan kompak begini, jadi ingin segera memberikan pelatihan untuk teman-teman,” ujarnya.

Menurut Danlanal Palembang, sekiranya telah mengikuti pelatihan, maka PPM akan melahirkan kader yang siap diterjunkan menjadi pendidik bagi masyarakat melalui program Kampung Bahari Nusantara (KBN).

KBN merupakan program yang diinisiasi oleh Danlanal Palembang untuk memberikan bekal pembelajaran kepada masyarakat yang dapat berguna dikemudian hari.

“Nanti ada banyak salah satunya kita ajarkan berbahasa asing (Inggris dan Prancis), kemudian tari, bela diri, dan lain-lainnya. Ini bentuk keseriusan dari Lanal Palembang ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa” terangnya.

Rencananya waktu dekat akan dilakukan pembahasan bersama Danlanal terkait keseriusan PPM berkiprah pada program KBN.

Dalamkunjungan kali ini, Gerry didampingi oleh Indangsyah, Rahmat Farizal, Hairul Anwar, Ain Zabirin, Siska Oktarina, Rita Pelita, Debby Hendra Djarab, Lili Sari dan Sari Ekawati.

Sumber : Humas PPM Sumsel

Editor : Eddy Prasetyo