Temui Wali Kota Palembang, PD PPM Usulkan Nama Jalan dengan Nama Veteran Pejuang asal Sumsel

Walikota Palembang bersama Ketua PPM Sumsel (Istimewa)
Waktu Baca : 2 minutes

TANHANANEWS.COM, Jakarta — Ketua PD PPM Sumatera Selatan (Sumsel), Gerry Gunung Iskandar saat beraudiensi dengan Wali Kota Palembang H. Harnojoyo di Rumah Dinas Walikota Palembang, Kamis (20/5/2021), atas nama PPM mengusulkan nama-nama jalan di beberapa ruas jalan kota Palembang mempergunakan nama para Veteran Pejuang Kemerdekaan RI asal Sumsel.

Gerry menilai ini adalah bentuk penghargaan terhadap para veteran ataupun para pejuang yang telah berjasa terhadap Provinsi Sumsel, khususnya kota Palembang.

Ketua PD PPM Sumsel menyatakan bahwa usulan tersebut telah mendapatkan dukungan dari Danrem 044/Gapo dan berharap dapat diterima oleh Walikota Palembang.

“Terutama jalan baru yang sedang dibuat oleh Pemkot. Jadi jalan atau wilayah baru itu bisa menggunakan nama Veteran Pejuang RI asal Sumsel, termasuk penggantian nama jalan yang saat ini menggunakan nama hewan atau buah buahan, karena masih banyak para pahlawan pejuang kemerdekaan ‘45 asal Sumsel yang mulai terlupakan jika tidak kita abadikan sebagai nama jalan,” ujarnya.

Gerry beranggapan nama jalan dengan nama hewan dan buah kurang mengedukasi khususnya generasi muda milenial yang semakin kurang mengenal dengan para veteran pejuang asal daerahnya.

PD PPM Sumsel sedang mendata, mengumpulkan dan berkomunikasi dgn pihak keluarga para Veteran Pejuang Kemerdekaan RI, sudah ada berberapa nama yang akan kami usulkan, seperti Almarhum Brigjen. Purn. H. Yahya Bahar, Almarhum Kol. Purn. H. Syamsul Bahri Oemar (Tatung), Almarhum Kol. Purn. HM. Sai Sohar dan Almarhum Kol. Purn. H. Djarab.

“Ada sekitar 10 sampai 15 nama yg akan kami usulkan. Tentunya dukungan dari Legiun Veteran RI Prov Sumsel sangat dibutuhkan untuk Verifikasi keabsahannya,” ungkapnya.

Masih menurut Ketua PD PPM Sumsel, Palembang sebenarnya bisa dikembangkan menjadi Kota Wisata Sejarah. Edukasi sejarah perjuangan mempertahankan Kemerdekaan cukup kental di Kota ini. Meseum Sejarah Perjuangan Veteran Pejuang yg bertempur di wilayah Sumbagsel harus dibuat bagus dan menarik.

Menanggapi hal itu, Walikota Palembang menjelaskan, bahwa usulan tersebut sangat bagus dan sangat bermanfaat bagi kota Palembang sehingga pihaknya akan melakukan pendataan terlebih dahulu terhadap jalan-jalan baru yang ada di kota Palembang.

“Tetapi itu ada aturan dan ada juga kaitannya dengan pihak keluarga, karena itu Dinas Sosial nanti akan didata dahulu jalan-jalan baru yang belum ada namanya. Kalo bisa nama Veteran Pejuang tersebut ditempatkan sesuai rumah keluarga. Supaya menjadi sebuah kebanggaan bagi keluarga dan putra/i serta keturunan veteran Pejuang Kemerdekaan tersebut,” ucap Harnojoyo

Dalam audiensi ini, Gerry didampingi oleh Indangsyah, Senior PPM Devi Iskandar Yunus, Rahmat Farizal, Risky Pratama Saputra, Hairul Anwar (Irul) dan Iwan Tuaji.

Penulis : Humas PD PPM Sumsel

Editor : Eddy Prasetyo