Berto Izaak Doko: Maknai Esensi Kemenangan Idul Fitri untuk Kembali ke Fitrah Kehidupan

ARSIP : Ketua Umum PPM Berto Izaak Doko (Foto Dokpri)
Waktu Baca : 2 minutes

TANHANANEWS.COM, Jakarta — Ketua Umum (Ketum) Pimpinan Pusat Pemuda Panca Marga (PP PPM) Berto Izaak Doko mengajak seluruh elemen bangsa lebih memaknai esensi Idul Fitri sebagai kemenangannya kembali ke fitrah kehidupan dalam merayakan ditengah pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Berto setelah pemerintah menetapkan 1 Syawal 1442 H / 2021 M jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021. Penetapan ini berdasarkan sidang isbat yang dipimpin Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas biasa disapa Gus Yaqut di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (11/5/2021).

“Pertama saya atas nama pribadi dan atas nama organisasi PPM ingin mengucapkan selamat merayakan kebahagiaan dihari kemenangan Idul Fitri 1 Syawal 1442 H bagi Umat Islam dimanapun berada, khususnya keluarga besar LVRI dan PPM, minal aidin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin,” kata Ketum PPM dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (12/5/2021).

Menurutnya Idul Ftri di masa pandemi Covid-19 menjadi bukan hal mudah ditengah tradisi merayakan berkumpul bersama keluarga, namun yang menjadi lebih penting adalah esensi Idul Fitri, yaitu kemenangannya kembalinya ke fitrah kehidupan sebagaimana manusia baru terlahir ke dunia.

“Bagi umat muslim, merayakan idul fitri dimasa pandemi Covid-19 merupakan masa sulit, mengingat biasanya dapat mudik berkumpul bersama keluarga, silaturahmi dengan sanak saudara, namun bukan berarti peniadaan mudik dan pembatasan lainnya menyurutkan semangat dalam memaknai esensi hari kemenangan Idul ftri yaitu kemenangan kembali kepada fitrah kehidupan seperti manusia baru terlahir di dunia,,” lanjut Berto.

Terkait pesan Idul Fitri untuk jajaran PPM daerah, Ketum PPM meminta terus perkuat rasa persatuan dan kesatuan.

“Bagi jajaran PPM di daerah, perkuat terus rasa persatuan dan kesatuan, tumbuhkan rasa kepedulian kepada sesama dengan saling mengingatkan pada kepatuhan khususnya protokol kesehatan, demi keamanan, keselamatan dan kesehatan,” tegasnya.

Pemerintah telah mengeluarkan Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah selama 6-17 Mei 2021

Editor : Eddy Prasetyo