Bupati Purworejo Pantau Posko Mudik Sekaligus Bagikan Bingkisan Lebaran

Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM,(Foto PurworejoNews)
Waktu Baca : < 1 minute

TANHANANEWS.COM, Jakarta — Bupati Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah (Jateng), Agus Bastian kunjungi posko penyekatan mudik sekaligus menyerahkan bingkisan lebaran kepada petugas di sejumlah posko, Selasa (11/5/2021)

Dalam kunjungan kali ini, Agus Bastian didampingi Wakil Bupati Yuli Hastuti, Forkopimda serta pimpinan OPD terkait dengan pemantauan posko penyekatan pemudik lebaran.

Bupati menjelaskan, monitoring ke  posko mudik ini dilakukan rutin setiap tahun untuk memastikan fungsi posko berjalan sebagaimana mestinya. Terlebih tahun ini posko mudik sekaligus menjadi pos penyekatan menjaring pemudik. 

Mengutip dari PURWOREJONEWS, Agus Bastian menyampaikan bahwa pemantauan dilakukan dengan mendatangi 5 lokasi. “Malam ini kita mendatangi 5 tempat yaitu Posko Pasar Baledono, Posko Dadirejo Bagelen, Posko Munggangsari Grabag, Stasiun Kutoarjo dan Posko SAC Butuh. Posko-posko ini dapat menjaring para pemudik yang masih nekat melakukan perjalanan ke daerah asal,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskan, Kabupaten Purworejo cukup beruntung karena jauh dari pusat perantauan seperti DKI Jakarta, Tangerang dan lainnya. Sehingga penumpukan kendaraan pemudik sudah tidak terjadi, karena sudah terurai di wilayah-wilayah sebelumnya. 

“Walaupun tak sepadat di wilayah Jawa Barat namun saya harap para petugas tetap siaga untuk menjaring para pemudik yang tak memenuhi ketentuan, tegas dalam memberikan sanksi serta memastikan kesehatan pemudik agar tak membawa virus ke daerah asalnya, ” ungkapnya.

Sementara Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito, SIK, SH, M.Si menjelaskan, setiap pemudik yang tak sesuai dengan ketentuan akan diputarbalik arah. Untuk mengantisipasi hal ini di Kabupaten Purworejo telah didirikan beberapa pos utamanya di wilayah perbatasan, terminal dan stasiun kereta api.

“Kita siapkan 1 Pospam Terpadu di Dadirejo perbatasan Jateng-DIY, 3 Pospam, 1 Pos Pelayanan dan 7 Pos Pantau. kesemuanya kita optimalkan untuk melakukan penyekatan pada arus mudik tahun ini,” tegas Kapolres

Sumber : PURWOREJONEWS